Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh viral
marketing terhadap keputusan pembelian, pengaruh endorsement keputusan
pembelian, dan pengaruh viral marketing dan endorsement terhadap keputusan
pembelian mahasiswa FEB UMSU pada produk Eat Sambel di TikTok Shop.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif.
Target populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEB UMSU yang pernah
membeli produk eat sambel di TikTok Shop dan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 35 orang dengan menggunakan quota sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik,
Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Secara parsial viral marketing
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial
endorsement memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara
simultan viral marketing dan endorsement memiliki pengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian.