Abstract:
Survei pasar yang telah kami lakukan di 10 (sepuluh) SMP di Kota Medan, ditemukan 80
dari 100 siswa mengaku tertarik dengan pelajaran tata surya, namun dikarenakan kurangnya
media yang menarik bagi siswa menjadikan mereka minim terhadap pengetahuan yang
berkaitan dengan astronomi. Siswa biasanya belajar tata surya hanya menggunakan materi
yang terdapat dibuku pelajaran tanpa adanya media lain. Produk digital dengan nama
“Augumented Reality Astronomi” adalah salah satu buku digital yang merupakan produksi
anak bangsa dengan materi tata surya yang memberikan kesan positif bagi siswa ataupun
kalangan masyarakat sebagai media pembelajaran yang menarik untuk mengetahui benda benda langit melalui buku digital 3D menggunakan teknologi Augemented Reality yaitu
sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi
kedalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya
tersebut dalam waktu yang nyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan penelitian studi deskriftif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh
melalui pengamatan dan praktik langsung penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran
astronomi di MI. Muhajirin.