Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi tentang strategi komunikasi pemasaran objek wisata di
Kabupaten Deli Serdang, dimana strategi komunikasi pemasaran digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan
produk di pasar 5 jenis promosi (bauran promosi) yaitu iklan (advertising), penjualan
tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan
masyarakat dan publisitas (publicity and public relation), serta pemasaran langsung
(direct marketing). Khususnya di Kabupaten Deli Serdang sendiri juga memiliki
beberapa objek wisata yang sangat di minati oleh masyarakat. Peneliti mengambil salah
satu objek wisata di Kabupaten Deli Serdang untuk di teliti yaitu Pasar Kamu (Pekan
Sarapan Karya Anak Muda) yang bertepatan di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai
Labu. Penelitian in menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan
pengunjungan ke Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Deli
Serdang dan Objek Wisata Pasar Kamu. Teknik analisis data yang digunakan ialah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti
menyimpulkan bahwa strategi pamesaran yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan,
Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata ialah menggunakan strategi BAS (Branding,
Advertising, Selling), media yang digunakan dalam mempromosikan objek wisata Deli
Serdang menggunakan media cetak, media elektronik dan media online. Yang
memiliki tujuan/target pasar yang jelas untuk setiap objek wisata yang mereka punya.