Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh
corporate social responsibility dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah
pada Bank Syariah Indonesia Cabang Sukaramai Medan. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan
untuk menganalisis permasalahan bahwa adanya hubungan suatu variabel dengan
variabel lainnya. Dalam penelitian ini responden yang diteliti nasabah Bank
Syariah Indonesia Cabang Sukaramai Medan sebanyak jumlah sampel 286 orang
dan pengambilan sampel dengan teknik random sampling.
Hasil penelitian diketahui corporate social responsibility (CSR)
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > t tabel
3.897 > 1,652, nilai signifikan 0.000 < 0.05 berarti bahwa variabel CSR secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas
layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan Thitung >
Ttabel atau 1,729 > 1,652, nilai signifikan 0.003 < 0.05 berarti bahwa variabel
kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Loyalitas Nasabah. Corporate social responsibility (CSR) dan kualitas layanan
berpengaruh secara bersamaan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah
Indonesia Cabang Sukaramai Medan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05 dan nilai F hitung 8,713 > F tabel 3,04 berarti terdapat pengaruh CSR dan
kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia.