Abstract:
Lazismu adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam
pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat,
infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga,
perusahaan dan instansi lainnya. Permasalahan yang hendak dijawab pada bab ini
yaitu untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Persuasif Lazismu Kota
Medan Tembung Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Berzakat Dan
Shadaqah. Penelitian ini menggunakan teori yang berkaitan dengan komunikasi,
Strategi Komunikasi, dan Komunikasi Persuasif. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis
kualitatif dengan mencari dan menyusun secara sistematis yang diperoleh dari
hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi untuk dibuat kesimpulan
agar mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lazismu Kota
Medan dalam mengedukasi masyarakat menggunakan strategi komunikasi yang
berkaitan pesan komunikasi dan media komunikasi secara langsung atau Face to
face. Masyarakat juga tertarik dengan edukasi dan pemahaman yang diberikan
Lazismu Kota Medan dalam membangun kesadaran masyarakat untuk Berzakat
dan Bershadaqah. Sehingga masyarakat antusias dalam melakukan kegiatan zakat
dan Shadaqah dan selalu membayar Zakat mereka secara teratur.