Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat
Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan kemampuan profesional
guru terhadap kinerja guru dengan komitmen guru sebagai variabel intervening di
SMK se-kecamatan kisaran timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 149
Orang. Dari 149 Orang populasi yang menjadi sampel adalah 54 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobality sampling dengan teknik
sampling purposive. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket yang
diukur dengan skala likert dan menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis).
Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajerial
kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen
guru (H1 diterima), Kemampuan profesional guru mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap komitmen guru (H2 diterima), kemampuan manajerial
kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru
(H3 diterima), kemampuan profesional guru mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kinerja guru (H4 diterima), komitmen guru mempunyai pengaruh positif
dan siginifikan terhadap kinerja guru (H5 diterima), kemampuan manajerial
kepala sekolah dan kemampuan profesional guru secara bersama-sama memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen guru (H6 diterima),
kemampuan manajerial kepala sekolah, kemampuan profesional guru dan
komitmen kerja guru secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja guru (H7 diterima), kemampuan manajerial kepala
sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru melalui
komitmen kerja guru (H8 diterima), kemampuan profesional guru memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru (H9
diterima).