Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada kelas IV di UPT SDN 066429 Medan yang di latar
belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih tergolong rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari model pembelajaran
Direct Reading Thinking Activity dalam proses peningkatan keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas IV UPT SDN 066429 Medan. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan
bentuk Nonequivalent Control Group Design, dengan populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas IV UPT SDN 066429 Medan. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai
kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa
Pretest-Postest, lembar observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis
menggunakan Uji Validitas (Expert Judgement) yang di uji langsung oleh dosen
ahli, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis (Independent Sample T
Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan
pada penggunaan Model Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA)
terhadapa Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV, hal ini dibuktikan
dari hasil uji hipotesis menggunakan (Independent Sample T-Test), yang mem peroleh nilai signifikan 0,004 dimana nilai tersebut lebih kecil dari (< 0,05), yang
artinya Ha diterima dan H0 di tolak, maka disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan “Model Pembelajaran Direct Reading Thinking
Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas
IV di UPT SDN 066429 Medan”.