Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih
belum fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam
menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan
membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD
Muhammadiyah 19 Medan Denai yang. Penelitian inmenggunakan jenis penelitian
Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD
Muhammadiyah 19 Medan Denai yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 24 siswa. Instrument dalam
penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran
bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 19 Medan Denai berpengaruh terhadap keterampilan membaca
pemahaman siswa, karena pada hasil uji t (independent t-test) diperoleh signifikansi
sebesar 0,009 yang mana 0,009 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan
Ha diterima. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran
Reciprocal Teaching berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai.