Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dikelas , siswa sering merasa
bosan dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam
menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh penerapan metode Galery Work terhadap hasil belajar pada siswa kelas
V SD Muhammadiyah 19 Medan Denai. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa di kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan Denai yang berjumlah 40
siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen
berjumlah 20 siswa dan kelas V B sebagai kelas control berjumlah 20 siswa.
Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Tes. Teknis analisis data pada
penelitian ini menggunakan uji Validitas Tes, uji Rabilitas Tes , uji prasyarat ( uji
normalitad dan uji homogenitas ) dan uji hipotesis . Hasil penelitian ini
menunjukkan bawha Metode Galerry Work terhadap hasil Belajar pada siswa
kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan Denai berpengaruh terhadap hasil belajar
pada siswa , karena pada hasil uji Man Whitney diperoleh signifikansi sebesar
0,002 yang mana 0,002 < 0,05 Metode Galerry Work Terhadap Hasil Belajar
Siswa mendapatkan hasil uji Independent Test sebesar 0,235 yang mana 0,235<
0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pengujian dapat
disimpulkan bahwa Pengaruh Penerapan Metode Galerry Work berpengaruh
signifikansi Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 19
Medan Denai.