Abstract:
Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah, perencanaan dapat melibatkan
dukungan dan motivasi kepada guru-guru, seperti pembinaan mental-spiritual,
penghargaan atas prestasi, dan kegiatan berbagi pengalaman dengan memberikan
contoh yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
bentuk manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditinjau dari perencanaan,
pengorganisasian kelas, pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan di Perguruan
Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang. Untuk mengevaluasi dan
mengkaji keefektifan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan
Kristen Methodist Indonesia Pantai Labu Deli Serdang. Metode penelitian yang
diterapkan dalam studi ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis
data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik
wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah. redusi data, penyajian data dan kesimpulan
data. Hasil kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode manajemen
peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia
Pantai Labu Deli Serdang termasuk perencanaan, pengorganisasian kelas,
pelaksanaan pembelajaran, dan pengawasan sudah efektif. Hal ini terbukti dengan
tujuan yang ingin dicapai untuk memenuhi standar sekolah yang sempurna, seperti
sarana prasarana, sumber daya manusia, dan program kerja. Efektifitas
manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Perguruan Kristen Methodist
Indonesia Pantai Labu Deli Serdang adalah tercapainya tujuan yaitu tercapainya
Manajemen berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan standar mutu sekolah,
adanya strategi pencapaian yang dilakukan disekolah dalam upaya untuk
mencapai standar mutu sekolah yang baik, adanya Sumber Daya Manusia (SDM)
dalam melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan tersedianya sarana
dan prasarana yang mendukung untuk menghasilkan standar mutu sekolah yang
baik.