Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonisme,
flash sale dan harga terhadap impulse buying pada pengguna Marketplace
Shopee di Kota Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya
hidup hedonisme, flash sale dan harga terhadap impulse buying pada
pengguna Marketplace Shopee di Kota Medan. Populasi penelitian pada
seluruh pengguna Marketplace Shopee Di Kecamatan Medan Timur yang
sudah pernah berbelanja di Marketplace Shopee, sampel penelitian ini
sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui angket
(kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda
serta pengolahan data menggunakan software SPSS versi 27.00. Hasil analisis
regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya hidup
hedonisme terhadap impulse buying pada pengguna Marketplace Shopee di
Kota Medan, ada pengaruh flash sale terhadap impulse buying pada pengguna
Marketplace Shopee di Kota Medan, tidak ada pengaruh harga terhadap
impulse buying pada pengguna Marketplace Shopee di Kota Medan. Nilai R
Square sebesar 0,818 atau 81,8% menunjukkan kontribusi gaya hidup
hedonisme, flash sale dan harga terhadap impulse buying pada pengguna
Marketplace Shopee di Kota Medan dan sisanya 18,2% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian: secara parsial gaya hidup
hedonisme terhadap impulse buying pada pengguna Marketplace Shopee di
Kota Medan, ada pengaruh flash sale terhadap impulse buying pada pengguna
Marketplace Shopee di Kota Medan, tidak ada pengaruh harga terhadap
impulse buying pada pengguna Marketplace Shopee di Kota Medan.