Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sensitivitas konsumen terhadap
perubahan harga minyak goreng kemasan non-subsidi dan minyak goreng
kemasan subsidi di Kota Medan, Untuk menganalisis tingkat loyalitas konsumen
terhadap perubahan harga minyak goreng kemasan non-subsidi dan minyak
goreng subsidi di Kota Medan.
Adapun jenis penelitian menggunakan kuantitatif. Penentuan lokasi pada
penelitian ini adalah Purposive (Sengaja). Penarikan sampel pada penelitian ini
yaitu berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Metode
analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Huisman untuk
menganalisis sensitivitas harga dan Metode Piramida Loyalitas untuk
menganalisis tingkat loyalitas konsumen.
Berdasarkan hasil analisis sensitivitas harga menunjukkan bahwa konsumen
minyak goreng non-subsidi merupakan konsumen yang tidak sensitif terhadap
perubahan harga. Berbanding terbalik dengan konsumen minyak goreng subsidi
yang sensitif terhadap perubahan harga.
Berdasarkan Hasil analisis piramida loyalitas konsumen diketahui
konsumen minyak goreng non-subsidi adalah konsumen yang paling loyal
dibandingkan dengan konsumen minyak goreng subsidi yang tidak loyal.
Piramida loyalitas konsumen minyak goreng kemasan sama-sama berbentuk
segitiga terbalik. Namun, piramida loyalitas konsumen minyak goreng subsidi
berbentuk segitiga tidak terbalik atau normal.