Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meganalisis pengaruh Kualitas
Pelayanan, Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian melalui
Kepercayaan secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Kota Medan yang menggunakan Shopee. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow berjumlah 96 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan
wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif menggunakan uji analisis outer model, analisis inner model dan uji
hipotesis. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan program software
PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara
langsung kualitas pelayanan, online customer review dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan dan
online customer review berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan secara
tidak langsung kualitas pelayanan dan online customer review berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan pada Shopee.