Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author YUNI, KHAFIFAH ADHA
dc.date.accessioned 2024-11-19T05:18:10Z
dc.date.available 2024-11-19T05:18:10Z
dc.date.issued 2024-08-17
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26411
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes. Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada Pelajaran matematika berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata = 90,78. Hal ini dapat diketahui siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 1 orang (2%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 18 orang (98%). Motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match pada Pelajaran matematika berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 61,05. Hal ini dapat diketahui siswa yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 6 orang (30%), siswa yang memperoleh nilai 56- 65 dikategorikan cukup sebanyak 9 orang (45%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 5 orang (25%). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 5,3693 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 59 maka diperoleh ttabel = 1,684. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 5,3693 > 1,684 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap motivasi Belajar Siswa oleh siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2023-2024. Disimpulkan bahwa hipotesis terbukti kebenarannya. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make A Match en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account