Abstract:
Molin” adalah singkatan dari Mobil Layanan Keliling yang merupakan mobil
kendaraan dinas operasional layanan jemput bola dalam pengurusan dokumen
kependudukan desa atau kelurahan. Molin sudah dilaksanakan sejak tahun 2013,
dimana masyarakat dapat menjumpai Molin diberbagai titik dengan jadwal-jadwal
yang sudah ditetapkan secara rutin oleh DISDUKCAPIL Kabupaten Langkat.
Program „Molin” terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan, seperti
pengurusan kartu keluarga, akte kelahiran, kartu tanda penduduk (KTP), dan lain lain. Khusus pada permasalahan yang ingin diteliti terkait dengan Program
“Molin” yang berkaitan dengan perekaman data pemula. Perekaman data pemula
yang di maksud yakni bagi masyarakat yang berumur 17 tahun dalam
kepengurusan kartu tanda penduduk. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang program pemerintah daerah
“molin” dalam perekaman data pemula Kabupaten Langkat. Jenis Penelitian
adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik accidental sampling
dalam menentukan narasumber Teknik pengumpulan data yang menggunakan
metode wawancara dan teknik pengumpulan data reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Persepsi
masyarakat tentang program pemerintah daerah “molin” dalam perekaman data
pemula Kabupaten Langkat memiliki kesan baik dan bagus dikarenakan program
ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman
data pemula.