Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik self management terhadap pengoptimalan waktu luang siswa kelas XI3
SMA
Muhammadiyah 01 Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Layanan bimbingan kelompok
adalah salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang bertujuan memberikan
informasi dan membantu siswa dalam mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan
dinamika kelompok. Teknik Self Management digunakan untuk membantu siswa
mengelola waktu secara lebih efektif dan bertanggung jawab terhadap tindakan yang
dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini
terdiri dari siswa kelas XI1
, XI2
,
XI3
, dengan sampel penelitian sebanyak 8 siswa dari
kelas XI3 yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen pengumpulan data berupa
angket yang mengukur pemahaman siswa dalam mengoptimalkan waktu luang sebelum
dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui
pengaruh perlakuan terhadap perubahan pada variabel dependen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self
management terhadap pengoptimalan waktu luang siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis (uji –t )paired sample test bahwa hasil rerata pre-test adalah sebesar 52.00 dan
post-test 83.75 terdapat selisih rata-rata dari pre-test dan post-test sebesar 31.75 dan sig (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.