Abstract:
Kurangnya minat atau perhatian siswa terhadap pembelajaran memiliki dampak
signifikan pada hasil belajar mereka, di mana siswa yang merasa bosan dan
kehilangan minat cenderung tidak fokus, mengganggu, atau terlibat dalam aktivitas
lain yang tidak terkait dengan pembelajaran seperti berbicara dengan teman sekelas,
menggambar, atau berkeliling di dalam kelas. Media pop-up book menjadi salah
satu upaya untuk mengembangkan pembelajaran agar lebih efektif dan menarik
minat belajar peserta didik. Media pop-up book memiliki daya tarik yang unik
karena setiap halamannya menyajikan sesuatu yang baru dan menarik. peneliti
tertarik untuk menggunakan media pop-up book untuk digunakan dalam
meningkatan hasil belajar siswa kelas IV sekolah Islami Setia Nurul Azmi. hasil
penelitian mengungkapkan bahwa rentang selisih peningkatan dari siklus I yang
berjumlah 43,1% dan siklus II berjumlah 90,9% ialah 47,8%. Dengan demikian
tindakan pembelajaran PKN materi keragaman budaya menggunakan media Pop up book pada siswa kelas IV SDS Sekolah Islam Setia Nurul Azmi, dapat dikatakan
berhasil atau berpengaruh secara signifikan. yang telah diungkapkan bahwa dapat
dikatakan penggunaan media Pop-up Book dalam meningkatkan hasil belajar pada
mata Pelajaran PKN materi Keragaman Budaya pada siswa kelas IV SDS Sekolah
Setia Nurul Azmi menemukan pengaruh yang signifikan.