Abstract:
Semakin maraknya penggunaan e-commerce di indonesia, secara tidak langsung
perilaku pembelian konsumen yang tidak terencana juga semakin meningkat yang
didukung oleh beberapa faktor seperti harga, desain produk dan diskon yang
ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh harga, desain produk dan diskon terhadap pembelian tidak terencana
Mahasiswa FEB UMSU di Shopee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara yang pernah berbelanja di online shop shopee yang tidak
diketahui jumlah pastinya dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
100 orang konsumen Shopee di FEB UMSU dengan menggunakan rumus
lemeshow. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda.
Secara parsial harga memiliki pengaruh negatif terhadap pembelian tidak
terencana. Secara parsial desain produk memiliki pengaruh positif signifikan
terhadap pembelian tidak terencana. Secara parsial diskon memiliki pengaruh
positif signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Secara simultan harga,
desain produk dan diskon memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian tidak
terencana Mahasiswa FEB UMSU di Shopee.