Abstract:
Penelitian ini berfokus kepada Penerapan Personal Branding, yang dimana
Personal Branding menjadi fenomena yang semakin penting dalam konteks
globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini khususnya di Media
Sosial. Memperhatikan dan membangun Personal Brand yang baik di zaman serba
teknologi ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat semakin
kompleksnya persaingan yang terjadi. Salah satu cara untuk menunjukan identitas
brand yaitu melalui Personal Branding yang merupakan sebuah proses seseorang
untuk mengatur dan mengendalikan persepsi dari orang lain terhadap personal
brand yang dibangun. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana Penerapan Personal Branding “Venny Eriska” Sebagai
Lifestyle Influencer dan Blogger Medan di Media Sosial Instagram. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif Kualitatif
yang hasil datanya tidak diperoleh melalui prosedur statistic atau dalam bentuk
hitungan lainnya yang mengarah pada analisis data non-matematis. Teknik
Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan
Dokumentasi. Tahapan Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, Reduksi
Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan
oleh penulis dalam penelitian ini adalah, merujuk pada enam kunci sukses
menurut teori McNally&Speak (2004) yaitu, Kekhasan, Relevansi, Konsistensi,
Kompetensi/Kemampuan, Gaya, dan Standart Pembaruan Makna.