Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/26313
Title: | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 066657 KAMPUNG BAHARI KECAMATAN MEDAN LABUHAN |
Authors: | DONGORAN, ALIYA ROHAYA |
Keywords: | Media Pembelajaran;Pembelajaran Audio Visual;Mata Pelajaran IPAS |
Issue Date: | 13-Sep-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa pada pembelajaran IPAS. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat rendah dalam melakukkan peroses pembelajaran ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan yang berjumlah 48 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 48 siswa dengan mengambil kelas IV A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas IV B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dna uji homognitas) serta uji –t (hipotesis). Hasil dalampenelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan, dilihat ari hasil analisis uji hipotesis (uji independent t-test) diperolehnya hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,103 > 0,05, artinya adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Ini membuktikan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SD Negeri 066657 kampung bahari kecamatan medan labuhan. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (tretmen) penggunaan media pembelajaran audio visual sebesar 79,88. Sedangkan pada siswa dikelas ekperimen yang diberikannya perlakuan (treatmen) menggunkan media pembelajaran audio visual memperoleh nilai rata- rata 85,42. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26313 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_ALIYA ROHAYA DONGORAN_2002090118.pdf | Full Text | 15.97 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.