Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media Rak Telur
Rainbow terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 104219 Tanjung Anom.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kuantitaif dengan
jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IIIa berjumlah 30 siswa dan siswa kelas IIIb berjumlah 28 siswa. Instrumen
penelitian ini menggunakan tes berfikir kritis yang berjumlah 25 soal pilihan
berganda yangtelah diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil dari kelas
eksperimen diperoleh hasilnya yaitu 80,20 sedangkan kelas kontrol yaitu 74,37
Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,007 atau < 0,05 sehingga dinyatakan terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada Kelas Kontrol dan
Eksperimen yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) berbantu media Rak Telur Rainbow terhadap hasli belajar
matematika pada siswa kelas III Negeri 101942 Tanjung Anom Tahun Ajaran
2024/2025