Abstract:
Perkembangan zaman sekarang memicu peningkatan proses belajar mengajar yang sudah mulai
berubah menggunakan media teknologi selama prosedur. Dengan demikian, tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Google Sites terhadap keaktifan
belajar siswa kelas IV SD Negeri 101866 Batang Kuis. Melalui penggunaan data populasi dan sampel
dari SD Negeri 101866 Batang Kuis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang
diperoleh berdasarkan hasil penyebaran angket dan pengamatan penerapan pembelajaran google
sites akan di oleh menggunakan software SPSS 25 Dan berdasarkan hasil tingkat signifikansi 0,05
dengan nilai signifikansi variabel sebesar 0,043. Hal ini menunjukkan pengaruh Media Google Site
yang besar terhadap aktivitas belajar semantara nilai residunya adalah 0,065 > 0,05, maka temuan uji
normalitas yang dihasilkan signifikan. Dianggap homogen karena nilai signifikansi uji homogenitas
sebesar 0,784 > 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan siswa kelas IV SD Negeri 101866
mendapatkan manfaat dari penggunaan Media Google Site dalam pembelajaran aktifnya