Abstract:
Penlitian Ini dilakukan karena adana permasalahan hasil berpikir kritis siswa pada
pembelajra matematika, kurangnya pemanfaatan model pembelajran pada siswa
yan membuat siswa bosan dapam pembelajan matematika dan berdampak pada
hasil berpikir kritis siswa. Rumusan masalah disusun berdasarkan masalah yang
terdapat di sekolah pada saat pembelajaran matematika yaitu bagaimana
Pengaruh Model Pembelajaran CRH ( Course Review Horay ) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDS
Pelangi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah Pengaruh Model
Pembelajaran CRH ( Course Review Horay ) Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDS Pelangi. Penelitian ini
menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dan
sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A Dan V B SDS Pelangi
yang berjumlah 50 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa.
Instrument penelitian ini menggunakan tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal
yang telah diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil dari kelas eksperimen
(Model Course Review Horay) diperoleh hasilnya yaitu 80, sedangkan kelas
kontrol (Metode Konvensional) diperoleh hasilnya yaitu 70,8. Nilai sig (2-tailed)
yang diperoleh 0,011 atau < 0,05 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar pada Kelas Kontrol dan Eksperimen. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran course review horay
(CRH) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa
kelas V Sds Pelangi