Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai matematika siswa
kelas V SDN 037157 Desa Kendet Liang yang disebabkan oleh
beberapa hal, salah satunya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih
metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh yang signifikansi dari penggunaan metode pembelajaran
problem based learning di kelas V SDN 037157 Desa Kendet liang
dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran
problembased learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa
kelas V SDN 037157 Desa Kendetliang. Penelitian ini merupakan
penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik
total sampling dimana seluruh populasi dapat dijadikan sampel yang
berjumlah 34 Siswa. Variabel bebas adalah Metode Pembelajaran
problem based learning, sedangkan variabel terikat yaitu pemecahan
masalah matematika. Proses pengambilan data menggunakan data kelas
kontrol dan data kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan software
SPSS versi 26. Hasil penelitian dari uji t (Independent Sample T-test)
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran show and
tell terhadap keterampilan berbicara dengan nilai sig. 2-tailed sebesar
0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran prolem
based learning terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN
037157 Desa Kendet Liang.