Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat
Tinggi Siswa Kelas IV SDS Bina Taruna Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDS Bina Taruna Jaya yang
berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar Tes.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model
pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandingkan nilai
rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair
Problem Solving yaitu 72 banding 50. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving 60 Nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 81 Berdasarkan
penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired
Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah
0,000 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara
pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran
Projects Based Learning Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SDS
Bina Taruna Jaya.