Abstract:
Penelitian latar belakang ini dari permasalahan yang muncul dihadapi oleh peserta didik di
TK RA Al-Mukhlisin Kab Karo yakni terlihat lemahnya penanaman nilai-nilai Islam pada
peserta didik yang berdampak pada kehidupan sosial serta pembentukan karakter anak. Hal
ini dipicu oleh beberapa factor yakni kebudayaan, lemahnya pendampingan orang tua,
kemajuan ilmu pengetahuan dan lemahnya komunikasi guru. Maka, guru sebagai media
pengajar harus memiliki peran aktif dalam mengajar dan membimbing peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang
komunikasi dakwah guru dalam menanamkan nilai-nilai islam pada peserta didik di TK
Al-Mukhlisin Kab Karo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif,
yang bertujuan untuk memdeskripsikan realitas sosial terkait komunikasi dakwah guru
dalam menanamkan nilai-nilai islam pada peserta didik di TK Al-Mukhlisin Kab Karo.
Narasumber dari penelitian ini adalah 5 guru dari TK RA Al-Mukhlisin . Hasil dari
penelitian ini adalah komunikasi dakwah guru yang dilakukan di TK RA Al- Mukhlisin
sudah efektif karena memenuhi 5 indikator yang dikemukakan oleh Stewart L.Tubbs