Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran kartu kata alfabet pada pembelajaran tematik tema 3 "Benda-
benda di Sekitarku" untuk siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 01 Medan.
Penelitian ini menggunakan research & Development dengan model
EDDIE yang dibatasi hanya sampai tahap mengukur sejauh mana
validitasnya dengan menggunakan dua validator ahli untuk memvalidasi
instrumen pembelajaran berupa isi dan media pembelajaran. melalui tiga
tahapan yaitu analisis, design, dan development. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan uji
korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji validasi media alphabet
word, maka dapat disimpulkan bahwa alidasi media kartu kata alfabet oleh
ahli media memperoleh skor sebesar 77,999% dengan kategori layak.
Validasi peneliti terhadap media kartu kata alfabet memperoleh skor rata-
rata sebesar 90,476% dengan kategori sangat layak. Validasi rencana
pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 89,35%
dengan kategori sangat efektif. media kartu kata alfabet dikatakan efektif
digunakan. Media dinyatakan valid atau sangat layak digunakan sebagai
bahan ajar dalam pembelajaran. hal ini bisa menjadi dasar informasi guru
dalam menggunakan media alphabet word pada pembelajaran tematik
dengan tema “benda-benda di sekitarku” dalam pemilihan media
pembelajaran untuk kedepannya