Abstract:
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran untuk peserta didik kelas V MIS – AL HIDAYAH NAMORAMBE.
Secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik ,
mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru dan mengetahui hasil
belajar peserta didik yang mengacu pada meningkatkan hasil belajar siswa pada
kelas V MIS – AL HIDAYAH NAMORAMBE semester ganjil tahun 2024/2025
untuk materi menghargai peninggalan sejarah. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus , yang dimana masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan , pengamatan , dan refleksi . siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua
kali tatap muka), demikian pula halnya dengan siklus II . Data aktivitas peserta
didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan
pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan oleh guru digali dengan
lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar
pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik
digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas
peserta didik kelas V MIS – AL HIDAYAH NAMORAMBE tahun ajaran
2024/2025 pada pembelajaran yang mengacu kepada hasil belajar siswa pada
materi menghargai peninggalan sejarah di siklus I maupun siklus II penelitian
tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK , dan hasil belajar peserta didik
kelas V MIS – AL HIDAYAH NAMORAMBE Tahun Ajaran 2024/2025 pada
materi menghargai peninggalan sejarah