Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan game edukatif
berbasis wordwall terhadap kreativitas belajar matematika kelas V di SD Ar- Rahman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one
group pretest-posttest design. Poulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Ar-Rahman yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai
rata-rata siswa yang menggunakan game edukatif berbasis wordwall lebih tinggi
dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan game edukatif berbasis
wordwall yaitu 57 banding 82. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan game edukatif berbasis wordwall yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh
siswa sesudah menggunakan game edukatif berbasis wordwall yaitu 100. Berdasarkan
penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t pada taraf
signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0, 000 ≤ 0, 05 maka dapat
dikatakan Ha diterima H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan yang sangat sssignifikan antara pretest dan posttest dengan
demikian terdapat pengaruh pengggunaan game edukatif berbasis wordwall terhadap
kreativitas belajar siswa kelas V di SD Ar-Rahman