Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Anekdot oleh Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Utami Widya
dc.date.accessioned 2020-03-14T07:00:26Z
dc.date.available 2020-03-14T07:00:26Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2617
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) oleh Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 69 siswa yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling atau sistem acak, setelah random sampling dilakukan terpilihlah kelas X IPS sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Jadi, keseluruhan sampel dari dua kelas tersebut berjumlah 69 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas X IPS 3 1 peneliti menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually), sedangkan kelas X IPS 3 dan kelas X IPS . Pada kelas X IPS 1 3 menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian ini menggunakan tes esai kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot yang menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) dengan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 76,94 yang dikategorikan baik, sedangkan kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,97 yang dikategorikan kurang. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t yaitu diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,27>1,66 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.subject Model Pembelajaran SAVI en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Anekdot oleh Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account