Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi
struktur teks anekdot dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic,
Auditory, Visualization, Intellectually) oleh Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi
penelitian ini seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura
Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 69 siswa yang
terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling atau
sistem acak, setelah random sampling dilakukan terpilihlah kelas X IPS
sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X IPS
1
sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 34 siswa. Jadi, keseluruhan sampel dari dua kelas tersebut berjumlah 69
siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang
dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas
X IPS
3
1
peneliti menggunakan model
pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually), sedangkan
kelas X IPS
3
dan kelas X IPS
. Pada kelas X IPS
1
3
menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian ini menggunakan
tes esai kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot yang menggunakan model
pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) dengan metode
ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan
mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran
SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada kelas eksperimen dengan
nilai rata-rata 76,94 yang dikategorikan baik, sedangkan kemampuan
mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan menggunakan metode ceramah pada
kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,97 yang dikategorikan kurang. Berdasarkan
perhitungan yang dilakukan dengan uji t yaitu diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,27>1,66
maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization,
Intellectually)
terhadap kemampuan
mengidentifikasi struktur teks anekdot oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017