Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD PAB 13
dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Model CPS dipilih karena
pendekatannya yang inovatif dan mendorong siswa untuk berpikir kreatif serta
menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak konvensional. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.
Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk
mengevaluasi efektivitas model CPS dalam meningkatkan pemahaman dan
keterampilan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar PAB 13
Medan, yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 12 siswa putra dan 7 siswa putri. Objek
penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Data hasil
penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian
tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata-rata kelas ≥ 70 dan minimal 75% dari
jumlah siswa mencapai KKM (70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD PAB 13,
Medan. Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika
ditunjukkan oleh hasil tes. Pada pretes terdapat 21,05% (4 siswa) dari jumlah 19
siswa yang mencapai KKM. Hasil tes pada siklus I menunjukkan ada 47,36% (9
siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus II terdapat
78,94% (15 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata sebelum
siklus 43,15, sedangkan pada akhir siklus I nilai rata-rata tes sebesar 69,47, dan pada
akhir siklus II sebesar 81,05.