Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa, siswa
cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat
pada guru dan guru belum menerapkan model pembelajaran yang melatih
kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas
siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya
adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan yang terdiri dari satu kelas
berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh.
Variabel bebas adalah model project based learning, variabel terikat adalah
kreativitas belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T
Test yang didahului dengan uji validitas ke ahli. Hasil dari penelitian ini
menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti
0,000 < 0,005, Maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh
Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Belajar
Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 12 Medan.