Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture
and Picture terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS
Al-Hidayah Namorambe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan adalah Control Group Pre-test-Post-test Design, karena dalam
rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan Pre-Test sebelum
diberikan perlakuan, kemudian diberikan Post-Test setelah diberikan perlakuan.
Sedangkan pada kelas kontrol diberikan Pre-Test dan Post-Test tanpa diberikan
perlakuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah Performance Test yang sudah di
validasi kepada validator ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang
diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dengan rata-rata nilai kelas
kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat ”Pengaruh Model
Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Bahasa
Indonesia Siswa Kelas V MIS Al-Hidayah Namorambe”.