Abstract:
Skripsi ini membahas pengaruh metode Student Teams Achievement Divisions
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di UPT Negeri 18 Lalang. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada
pelajaran matematika kelas V menggunakan metode pelajaran STAD di SD Negeri
18 Lalang. Penelitian ini memeiliki tujuan untuk mengetahui motivasi belajar
siswa pada pelajaran matematika kelas V sebelum memnggunakan metode
pembelajaran STAD di SD Negeri 18 Lalang, untuk mengetahui motivasi belajar
siswa pada pelajaran matematika kelas V sesudah memnggunakan metode
pembelajaran STAD di SD Negeri 18 Lalang, uuntuk mengetahui pengaruh
metode pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran
Matematika kelas V di SD Negeri 18 Lalang. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V A (kelas Eksperimen) sebanyak 24 siswa dan siswa kelas V B
(kontrol sebanyak) sebanyak 27 siswa. Hal yang pertama dilakukan adalah
memberikan angket motivasi belajar kepada siswa sebelum melakukan
eksperimen di kelas V A, dan memberikan angket Kembali setelah melakukan
eksperimen di kelas V A. berdasarkan uji Independen rata rata hasil belajar kelas
eksperimen 8,5 lebih besar dibandingkan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan skor hasul belajar siswa secara signifikan. Ini menuunjukkan
bahwa Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 18 Lalang.