dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan
menggunakan media pembelajaran diorama pada pembelajaran ipa di kelas v
SDS Taman Siswa Belawan .jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan minat belajar
siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotensis
untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan media diorama terhadap
minat belajar siswa . Dari hasil penelitian Terhadap Peningkatan yang
signitifikasi dalam minat belajar siswa kelas V setelah penerapan pembelajaran
media diorama. Sebelum penerapan model media pembelajaran diorama , nilai
rata- rata minat belajar siswa adalah 57.84. Setelah penerapan media tersebut,
nilai rata – rata meningkat menjadi 83.80. Peningkatan mean sebesar 25.96 poin
ini menunjukan bahwa siswa menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam proses
pembelajaran setelah pembelajaran media diorama diterapkan . Hal ini dibuktikan
Nilai signitifikasi (Sig .(2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih
kecil dari ambang batas signitifikasi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan
demikian , hasil uji t – test ini menolak hipotensis nol (H0) yang menyatakan
tidak ada perbedaan yang signitifikasi dalam minat belajar siswa sebelum dan
sesudah penerapan media diorama , dan menerima hipotensis alternatif (Ha) yang
menyatakan adanya perbedaan yang signifikan |
en_US |