Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar
IPA menggunakan model pembelajaran make a match. Pada penelitian ini
permasalah utama yang dikaji ialah mengenai hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA kelas IV di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Setiap siklus yang dilakukan maka terdiri dari II pertemuan,
instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan serta tes hasil
belajar (post test). Pada temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya
peningkatan hasil belajar IPA kelas IV di SD Terpadu Muhammdiyah 36 Medan,
ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata 69,37,
nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Dari 27 siswa yang mengikuti tes siklus I
, terdapat siswa mencapai nilai KKM 7 dan 20 siswa belum mencapai nilai KKM,
dengan presentase ketuntasan 74,07%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80, nilai
terendah 73, nilai tertinggi 100, mengalami peningkatan yang menunjukkan 22
siswa telah mencapai nilai KKM, dan 5 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan
presentase ketuntasan 81,48%.