dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa. Siswa belum
aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat kurang dalam
melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui Pengaruh Dari Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31
Medan Helvetia. Populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 44 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive
Sampling. Insturmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Prasyarat (Uji
Normalitas dan Uji Homogenitas) serta Uji-T (Independen t-test). Hasil dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia, dilihat dari
hasil yang signifikan (sig-2 tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima H0
ditolak. ini membuktikan bahwa adanya pengaruh metode hypnoteaching terhadap
motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia. Hasil
analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya
perlakuan (treatment) penggunaan metode hypnoteaching yaitu sebesar 70,21.
Sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang diberikannya perlakuan (treatment)
menggunakan metode hypnoteaching memperoleh nilai rata-rata 90,95. Maka dari
itu
siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode
hypnoteaching memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang
tanpa menggunakan metode hypnoteaching. |
en_US |