Abstract:
Konten dakwah memiliki peminat yang tidak sedikit. Maka dari itu
konten dakwah yang disampaikan melalui media youtube diharapkan akan
meningkatkan pemahaman agama masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
mencari tahu hal tersebut. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner kemudian data dianalisis
secara deskriptif. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa gaya komunikasi ustad
Das’ad Latiep memiliki pesan moral yang mudah dipahami hususnya masyarakat
medan deli melalui media youtube. Data dalam penelitian ini sebagian besar valid
dengan nilai 80% data yang di uji menunjukkan validitas. Data kuesioner
menunjukkan reliabilitas yang baik dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0.84
yang menunjukkan konsistensi hasil yang tinggi. Data yang terdistribusi normal
berdasarkan uji kolmogorov-smirnov dengan nilai signifikansi sebesar 0,2 yang
lebih besar dari 0,05 yang menandakan bahwa data mengikuti distribusi normal.
Model regresi menyatakan bahwa setiap pengingkatan satu unit dalam konten
dakwah akan meningkatkan pemahaman agama sebesar 0.823 dengan nilai
konstanta 7.878. koefisien determinasi nilai R2
sebesar 0.732 menunjukkan bahwa
73.2% variasi dalam pemahaman agama dapat di jelaskan oleh konten dakwah,
sisanya dipengaruhi oleh vaktor lain