dc.description.abstract |
Penelitian yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Project Based
Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar 3
Muhammadiyah 1 Aek Kenopan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
peningkatan kreativitas belajar siswa di kelas tersebut dengan menggunakan model
pembelajaran PJBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dibagi menjadi 2 siklus, diantaranya siklus pertama (I) dan siklus
kedua (II) dengan masing-masing siklus melalui 4 tahap yakni : 1) Perencanaan, 2)
Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah
seluruh siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan yang berjumlah 20 siswa.
Hasil penelitian ini meyatakan bahwa implemantasi model pembelajaran Project
Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, hal ini
didukung oleh nilai rata-rata siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 73,5. dengan
presentase kelulusan 55% sebanyak (11 siswa) dan 45% sebanyak (9 siswa). Hasil
observasi yang dilakukan terhadap guru dengan skala 1-5 memperoleh skor 52
dengan presentase 61,7% pada skor maksimal sebesar 85. Sedangkan pada siklus
II, terjadi peningkatan yang signifikan yakni, nilai rata-rata siswa yang diperoleh
sebesar 80, dengan presentase lulus 90% sebanyak (18 siswa) dan tidak lulus 10%
sebanyak (2 siswa). Hasil observasi terhadap guru juga terdapat peningkatan yakni
memperoleh skor 75 dengan presentase sebesar 88,23% pada skor maksimal
sebesar 85. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa
implementasi model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan
kreativitas siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan secara signifikan. |
en_US |