Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/26123
Title: PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 054915 PERKOTAAN TA. 2023/2024
Authors: Sari, Aidha Auliyana
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual teacing and Learning;Kemampuan Kolaborasi
Issue Date: 29-Sep-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kolaborasi siswa di kelas IV SD Negeri 054915 Perkotaan T.A 2023/2024. Tujuan penetian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan lember kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan kolaborasi IPAS siswa kelas IV SD Ngeri 054915 Perkotaan. Serta untuk mengetahui kemampuan kolaborasi IPAS siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penedakatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Inntrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisisi datan dalam penelitian ini yaitu meenggunkaan uji prasyarat (uji normlitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and lerarning berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi IPAS siswa kelas IV SD Negeri 054915 Perkotaan, dilihat dari hasil analisi uji hipotesis (uji paired sampel t test) memperoleh hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data memperoleh rata-rata pada kelas kontrol pretest kelompok kontrol adalah 61,88 dan post-test kelompok kontrol adalah 73,80, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelompok ekperimen sebesar 53,01 dan post-test sebesar 73,47. Nilai rata-rata pre-test dan post-test mengalami peningkatan kemampuan kolaborasi, kelompok yang menunjukan peningkatan yang lebih signifikan adalah kelompok eksperimen dengan persentase 15%.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26123
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AIDHA AULIYANA SARI .pdfFull Text7.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.