Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kolaborasi
siswa di kelas IV SD Negeri 054915 Perkotaan T.A 2023/2024. Tujuan penetian
ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan lember kerja peserta
didik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan kolaborasi
IPAS siswa kelas IV SD Ngeri 054915 Perkotaan. Serta untuk mengetahui
kemampuan kolaborasi IPAS siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar
kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning. Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan penedakatan kuantitatif dengan desain penelitian
nonequivalent pretest-postest control group design. Inntrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu lembar observasi. Teknik analisisi datan dalam
penelitian ini yaitu meenggunkaan uji prasyarat (uji normlitas dan uji
homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). hasil dalam penelitian ini menunjukan
bahwa lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and lerarning
berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi IPAS siswa kelas IV SD Negeri
054915 Perkotaan, dilihat dari hasil analisi uji hipotesis (uji paired sampel t test)
memperoleh hasil yang signifikan (sig 2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima
dan H0 ditolak. Hasil analisis data memperoleh rata-rata pada kelas kontrol pretest
kelompok
kontrol
adalah
61,88
dan
post-test
kelompok
kontrol
adalah
73,80,
sedangkan
nilai rata-rata pre-test pada kelompok ekperimen sebesar 53,01 dan
post-test sebesar 73,47. Nilai rata-rata pre-test dan post-test mengalami
peningkatan kemampuan kolaborasi, kelompok yang menunjukan peningkatan
yang lebih signifikan adalah kelompok eksperimen dengan persentase 15%.