Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa berminat dalam pembelajaran
menulis, kurangnya penerapan media pembelajaran penggunaan media cerita
bergambar terhadap kemampuan menulis siswa, selama proses pembelajaran
hanya menggunakan buku paket yang isi ceritanya kurang menarik, penggunaan
media buku cerita bergambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kegiatan
belajar mengajar belum pernah dilakukan di SDN 44 Bilah Hulu Labuhan Batu
Adanya keterbatasan sekolah dan guru dalam menyediakan dan mengembangkan
media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh untuk
mengetahui hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
aspek menulis sebelum penerapan mediacerita bergambar. pengaruh untuk
mengetahui cara penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan
menulis cerita dongeng pengaruh untuk mengetahui penggunaan media cerita
bergambar terhadap keterampilan menulis cerita dongeng. Penelitian ini
menggunakan pendeketan kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan
dapat disimpulkan berpengaruh tidaknya penggunaan media gambar seri dalam
pembelajaran menulis cerita dongeng siswa kelas III SDN 44 Bila Hulu Labuhan
Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri berpengaruh
jika digunakan dalam pembelajaran menul is cerita siswa kelas III SDN 44 Bila
Hulu Labuhan Batu. Hal itu tampak pada nilai yang diperoleh siswa sebelum
menggunakan media gambar seri yang mengalami peningkatan dari 37,82%
menjadi 82,60% setelah menggunakan media bergambar