Abstract:
Hasil belajar siswa yang berupa indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh adanya model
mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi Permasalahan dalam
materi ini yang pertama adalah, bagaimana haal belajar mata pelajaran IPS siswa di
siswa kelas III SD 064978 Medan Denai, kedua apakah terdapar model pembelajaran
yang bervariasi di SD 064978 Medan Denai selama proses belajar mengajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai. Hal ini disebabkan oleh
penerapan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil
pengamatan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang
aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS, kurangnya pemahaman siswa tentang materi
yang diajarkan, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya
pembelajaran inovatif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan
model inside-outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS
di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai. Untuk mengetahui pengaruh signifikan
antara IOC dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni
2024. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai yang
berlokasi di Jl. Manunggal Kelurahan Denai , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan
Prov. Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa Pretest dan Posttest belajar IPS yang berisi 20 pertanyaan
dan dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
III SD 064978 Medan dengan sampel seluruh populasi. Dari hasil penelitian diperoleh
t hitung sebesar 65,291 dan t tabel 1,664 t hitung > t tabel artinya ada pengaruh yang
signifikan media poster terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas
IV SD Negeri 064978 Medan Denai. Berdasarkan kesimpulan tersebut terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran tipe Inside Outside Circle dengan pembelajaran Konvensional, maka
dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside
Circle dapat digunakan sebagai alternative model pembelajaran pada mata pelajaran
IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai