Research Repository

POLA KOMUNIKASI DOKTER KLINIK RUMAH GIGI MULUT DALAM MENGATASI ANXIETY PASIEN

Show simple item record

dc.contributor.author KHAWAQIF
dc.date.accessioned 2024-11-13T02:11:30Z
dc.date.available 2024-11-13T02:11:30Z
dc.date.issued 2024-08-29
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26109
dc.description.abstract Penanganan kecemasan pasien dalam praktik kedokteran gigi memerlukan pendekatan komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana dokter gigi mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecemasan pada pasien dan metode komunikasi yang digunakan untuk mengatasi kecemasan selama perawatan gigi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara dengan tiga dokter gigi berpengalaman, yaitu drg. Andri Prayuga, drg. Fahrur Rozi Lubis, dan drg. Ahmad Fachri, untuk menggambarkan pola komunikasi mereka dalam konteks ini. Penelitian ini melibatkan interaksi dua arah yang dinamis, dimana dokter gigi tidak hanya memberikan informasi dan penjelasan kepada pasien, tetapi juga mendengarkan kekhawatiran dan mendapatkan umpan balik dari pasien secara aktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dokter gigi menerapkan pola komunikasi sirkuler, yaitu interaksi dua arah yang dinamis. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan komunikatif yang responsif dan empatik dalam mengurangi anxiety pasien, serta merekomendasikan pelatihan komunikasi tambahan bagi praktisi gigi untuk meningkatkan efektivitas penanganan kecemasan en_US
dc.subject Anxiety en_US
dc.subject Dokter Gigi en_US
dc.subject Metode Kualitatif en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI DOKTER KLINIK RUMAH GIGI MULUT DALAM MENGATASI ANXIETY PASIEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account