Abstract:
Penelitian ini dilatar blakangi oleh kegiatan yang dilakukan peneliti selama kurang lebih 1 semester
menjalankan kegiatan Kampus Mengajar di SD Negeri 050652 Sei Musam, pada tahun 2023 lalu.
Selama menjalankan kegiatan tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi fokus perhatian, salah satu
diantaranya adalah keterbatasan buku ajar yang dimiliki oleh sekolah, dikarenakan sekolah berada pada
lokasi yang terpencil, penggunaan buku ajar dalam pembelajaran hanya mengandalkan buku yang
diberikan oleh pemerintah, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan suatu pengembangan terhadap
buku ajar siswa dengan metode pengembangan 4D, pengembangan dilakukan pada buku ajar berbasis
Learning Sheet Books. Tujuan penelitian ini adalah untuk, memahami dan mengetahui kelayakan
pengembangan Buku Ajar berbasis Learning Sheet Books pada materi Pancasila Sebagai Nilai
Kehidupan di Kelas IV SD Negeri 050652 Sei Musam, Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa
dosen ahli menggunakan lembar validasi berdasarkan kriteria kelayakan buku ajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Buku Ajar berbasis Learning Sheet Books sangat layak digunakan siswa kelas IV
SD Negeri 050652 Sei Musam, hal ini ditunjukkan dengan penilaian yang diberikan dari beberapa
validator seperti validator ahli bahasa (AB) senilai 95%, ahli media (CN) 92%, dan ahli materi (KW)
98%. Dengan rata-rata penilaian senilai 95%. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa
pengembangan buku ajar berbasis Learning Sheet Books pada materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan
untuk siswa kelas IV SD Negeri 050652 Sei Musam, berhasil dengan kategori sangat layak tanpa perlu
adanya revisi