Abstract:
Belajar merupakan proses di mana siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap, dan membentuk siswa
untuk menjadi lebih aktif. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk
membentuk siswa untuk mengembangkan keamampuan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi, baik
formal maupun informal. Selain itu, pembelajaran bahasa Indonesia juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta
dan bangga terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Model pembelajaran sangat diperlukan dalam proses
pembelajaran. Keberhasilan dari suatu pembelajaran didorong dari adanya penggunaan strategi dan pendekatan
yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan
pembelajran Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Penelitian menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan dengan melalukan kajian pada
setiap teori dari penelitian yang relevan. Peneliti menganalisis setiap penelitian yang relevan pada jurnal berindeks
sinta melalui Google Scholar, dengan menganalisis sebanyak 25 penelitian terkait, sehingga peneliti dapat menarik
hasil dan kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan terhadap
penerapan pembelajaran dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) khususnya
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Efektivitas yang dihasilkan menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT
meliputi beberapa sintaks pembelajaran, sehingga siswa akan bersemangat dan termotivasi dalam proses
pembelajaran berlangsung