Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada jasa
cargo PT. Indah Logistik Cargo Medan dalam meningkatkan minat konsumen.
Karena adanya persaingan antara jasa cargo lainnya sehingga PT. Indah Logistik
Cargo harus memiliki strategi komunikasi pemasaran agar meningkatkan minat
konsumen. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi
pemasaran pada jasa cargo dalam meningkatkan minat konsumen dan apa saja
hambatan yang dihadapi perusahaan dalam persaingan antar jasa cargo lainnya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan reduksi
data, penyajian, data dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini
karyawan dari PT. Indah Logistik Cargo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PT.
Indah Logistik Cargo menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang
terintegrasi promosi, place, price dan product. Strategi komunikasi ini terbukti
efektif dalam meningkatkan minat konsumen dan dapat dijadikan contoh bagi
perusahaan lain dalam meningkatkan pasar mereka.