Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101873 DESA BARU

Show simple item record

dc.contributor.author HB, AYU LESTARI
dc.date.accessioned 2024-11-13T01:31:05Z
dc.date.available 2024-11-13T01:31:05Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26095
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan menulis siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Bagaimana keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen sebagai kelas IV-A dan kelas kontrol sebagai IV-B di SDN 101873 yang berjumlah 25 orang kelas eksperimen dimana terdapat 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan serta kelas kontrol yang berjumlah 22 orang dengan 15 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan dua kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar perfomence test (observasi). Teknik penggumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T dengan perhitungan t-independent satu pihak dengan SPSS 16 yang menghasilkan sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05. Nilai t hitung sebesar 2.976 dan nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% maka terbukti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101873 Desa Baru. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Picture and Picture en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101873 DESA BARU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account