Abstract:
Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Wildani Lubis S.P., M.P selaku dosen
pembimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alur proses
keputusan pembelian yang dilakukan konsumen serta untuk mengetahui pengaruh
faktor harga, faktor kualitas produk, faktor pengetahuan, faktor kualitas layanan
dan faktor citra merek terhadap keputusan pembelian
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
accidental sampling yaitu siapa saja yang secara tidak sengaja bertemu dengan
peneliti dan sesuai dengan karakteristik, maka orang tersebut dapat digunakan
sebagai responden. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang
responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
regresi linear berganda
Hasil penelitian untuk rumusan masalah pertama dapat disimpulkan bahwa
sebanyak 25 responden (83%) menyatakan puas dengan pembelian beras premium
merek sania sedangkan sisanya sebanyak 5 responden (17%) menyatakan kurang
puas dengan pembelian beras merek sania.
Hasil penelitian untuk rumusan masalah kedua dapat disimpulkan bahwa
secara parsial faktor harga, kualitas produk dan kualitas kemasan mempengaruhi
secara nyata terhadap keputusan pembelian sedangkan faktor pengetahuan dan citra
merek tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan pembelian.