Abstract:
Penelitian ini bertujuan guna melihat bagaimana pop-up book berpengaruh
terhadap keinginan untuk belajar mata pelajaran IPA materi ekosistem lahan basah di kelas
3SD Muhammadiyah 07 Medan. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian
ini adalah desain quasi eksperimen control group design. Penelitian ini mengambil dua kelas
untuk dijadikan sampel dengan satu kelas dijadikan kelas yang menggunakan pop-up book
sebagai media pembelajaran dan kelas lainnya tidak menggunakan pop-up book sebagai
media pembelajaran. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling
dalam pengambilan sampelnya dan menggunakan angket untuk pengumpulan data nya
sebanyak 20 butir. Untuk menganalisis data, digunakan uji T yang telah digunakan
sebelumnya untuk uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas Levene. Sebelum
penelitian dimulai, dilakukan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dan uji validitas
menggunakan rumus Gregory. Uji hipotesis menggunakan T test yaitu memiliki nilai
signifikansi 0,000, berlandaskan temuan yang didapatkan disimpulkan pop-up book
mempunyai pengaruh penting dalam motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 07Medan.
Ini dapat menjadi salah satu solusi untuk membuat buku pop-up sebagai mediapembelajaran
sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.